Skip to content

12 Headline yang membius

Headline menjadi unsur paling penting dalam sebuah copywriting. Mengapa? Jika
Headline Anda tidak menarik untuk membuat orang PENASARAN untuk Lihat dan Baca,
maka sia-sialah copywriting iklan kita selanjutnya. Tujuan Headline bukan membuat agar
pembaca membeli produk Anda melainkan agar pembaca PENASARAN terhadap isi di
balik Headline tersebut kemudian membaca seluruh copywriting Anda, yang pada
akhirnya mereka mau action dengan cara SMS, Telpon, Invite Pin, atau KLIK link Anda.
Begitu pentingnya sebuah Headline, jika Anda tidak bisa MEMBIUS pembaca dengan
Headline Anda dalam waktu 3 detik, maka jangan berharap iklan Anda akan dibaca
seluruhnya oleh pembaca. Anda harus benar-benar memikirkan Headline yang tepat
dalam setiap copywriting yang Anda buat agar hasilnya efektif dan efisien. Berikut 12
Jenis Headline yang Bisa Membius Pamabca Iklan Anda:
.
1. BENEFIT HEADLINE
Headline jenis pertama ini lebih mengutamankan sisi KEUNTUNGAN baik Ekonomis
maupun Psikologis bagi pembaca dan bisa digunakan pada media offline maupun
online.
Contoh Benefit Headine dari sisi Keutungan Ekonomis:
• DISKON GEDE 50%!
• Beli SATU dapat DUA.
• Paket Ekonomis Harga Meringis
• GRATIS 5 Produk PLR Premium Khusus Pembelian Hari Ini!
• Makan GRATIS Sepuasnya Bagi yang Puasa Senin Kamis!
• Jumrah (Jumat Berkah), Makan Sepuasnya Cukup Bayar Separo Harga!
Contoh Benefit Headline dari sisi Keuntungan Psikologis:
• 7 Strategi Rahasia Dongkrak Penjualan Dengan FB Marketing
• Tips Praktis Mengatasi Masalah Finansial Anda
• 7 Jurus Ampuh Bebas Hutang
• Tips Jitu Membuat Script Copywriting Dalam Waktu 5 Menit Bahkan Kurang
• Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Grogi
• Cara Cepat Mengembalikan Berat Badan Ideal Pasca Melahirkan
.
2. NEWS HEADLINE
Headline jenis ini berisi tentang informasi yang bersifat BERITA atau PENGUMUMAN.
Sangat cocok dipakai untuk launch produk baru, event, seminar, dsb.
Berikut contoh-contohnya:
• Mega Seminar Pertama dan Terkahir di Tahun 2016!
• Seminar Terdahsyat Diawal Tahun 2016
• Buka Setiap Hari Kecuali Hari Kiamat.
• Terobosan Nyata Dunia Medis Dalam Memerangi Penyakit HIV AIDS!
• Fakta Terbaru Tentang Candi Borobudur
• Penemuan Menggemparkan Sepanjang Tahun 2015
.
3. SELECTIVE HEADLINE
Headline jenis ini baik digunakan untuk Terget Market atau Kalangan TERTENTU.
Berikut Contoh-contoh Selective Headline:
• Khusus Member Alfamart
• Khusus Member Billionaire Store
• Hanya Untuk Anda Pecinta Musik Jazz
• Khusus Pengguna Kartu Indosat
• Untuk Anda yang Ingin Melepaskan Masa Lajang
• Training Ini Cocok untuk Manager, Sales Marketing, Direktur, dan Business Owner
.
4. CURIOSITY HEADLINE
Headline jenis ini digunakan untuk membuat orang lain PENASARAN dengan
penawaran Anda. Sangat cocok dipakai dalam subject email, tautan link affiliate, dll yang
bisa berupa pertanyaan dan pernyataan.
Berikut Contoh Curiosity Headline yang berupa PERNYATAAN:
• Kesalahan Kecil Yang Merugikan Pengusaha Hingga 5 Milyar Per Tahun!
• Sebuah Kecerobohan senilai 7 Milyar Rupiah yang Dapat Anda Hindari dengan Uang
60 Ribu Rupiah
• Satu Trik Marketing Sederhana Yang Bisa Meningkatkan Konversi Penjualan Anda
Hingga 300% dalam Waktu 6 Bulan
• Inilah Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak Hanya Bermodalkan Blackberry
• Inilah Kenapa Orang Kaya Bisa Menghasilkan Uang Ribuan Kali Lebih Banyak
Dibandingkan Orang Kebanyakan Dengan Waktu Yang Sama.
• Rahasia Jadian Tanpa Nembak
Berikut Contoh Curiosity Headline yang berupa PERTANYAAN:
• Apa Rahasia Copywriting Agar Dibaca Banyak Orang?
• Bagaimana Cara Menghemat Uang 50 Ribu Rupiah Per Bulan Selama 10 Tahun?
• Bagaimana Cara Cepat Dongkrak Omzet Penjualan Dalam 7 Hari?
• Bagaimana Cara Cepat dan Mudah Bebas Dari Jeratan Riba?
• Tahukah Anda Cara Mudah Mulai Bisnis Online Tanpa Modal
• Bagaimana Langkah Mudah Melunasi Hutang Bank Yanpa Harus Bayar Bunga?
.
5. GIMMIC HEADLINE
Headline jenis ini cenderung menggunakan PERMAINAN KATA dan KALIMAT berupa
pengulangan bunyi, keterkejutan, atau tipuan. Pengulangan bunyi digunakan untuk
slogan dan sub judul iklan Anda. Affek keterkejutan cocok digunakan pada sosial media
dan email marketing. Sedangkan gimmic headline tipuan efektif digunakan untuk
broadcash BBM untuk memancing agar orang mau buka broadcash Anda.
Contoh Gimmic Headline menggunakan Pengulangan Bunyi:
• Modal GRATIS, Hasil BOMBASTIS!
• Sekali Broadcash, Langsung Dapat Cash.
• Banjir Order Dari Reseller, Bikin Seger!
• Jualan Terus, Rezeki Mulus
• Rezeki Banter Dari Twitter
Contoh Gimmic Headline menggunakan Efek Keterkejutan:
• Saya Shock Berat!
• Saya Kaget Banget, Sumpah!
• Memang Benar!
• Kali Ini Benar-benar kecawa!
Contoh Gimmic Headline menggunakan Tipuan:
• Nomor rekeningnya berapa ya?
• Kamu sedang ngapain?
• Kok kamu gitu sih sekarang?
• Oh gitu yah?
• Ah Masa Sih?
.
6. FEAR HEADLINE
Headline jenis ini bisa digunakan untuk MENAKUT-NAKUTI pembaca, sehingga mereka
benar-benar takut dan akhirnya menerima tarawan Anda. Fear Headline cocok
digunakan untuk mendapatkan kepastian hidup, keamanan, dan kesehatan bagi
pembacanya.
Berikut contoh-contoh Fear Headline:
• Jangan Sampai Kehabisan!
• Hati-Hati! Bahaya Boraks.
• Hati-Hati! Serangan Jantung Bisa Membunuh Anda Kapan Saja.
• Awas! Jangan Sampai Kehabisan.
• Hati-Hati! Penuaan Dini Bisa Terjadi Pada Anda Kapan Saja
.
7. QUESTION HEADLINE
Headline jenis ini menggunakan PERTANYAAN kepada pembaca agar mereka menjawab
dalam hatinya. Headline ini berfungsi untuk membangun awareness, brand, dan
kedekatan dengan pembaca. Dalam menuliskannya Anda harus menggunakan
pertanyaan terbuka agar pembaca menjawab Ya atau Tidak, Sudah atau Belum, Bisa
atau Tidak Bisa, dll.
Contoh-contoh Question Headline:
• Sudahkan Anda bersedekah Hari Ini?
• Sudah Cek Tokopedia Belum?
• Sudahkah Anda Minum Yakult Hari ini?
• Apakah Anda Sudah Membuat Resolusi Tahun 2016?
• Mampukah Anda Bebas Dari Jeratan Riba?
• Dapatkah Anda Menghemat Uang 50Ribu/bulan Selama 3 Tahun Berturut-turut?
.
8. QUOTATION HEADLINE
Ketika membuat headline ini Anda MENCANTUMKAN KATA-KATA dari orang lain,
misalnya ucapan seseorang, testimoni pelanggan, kutipan buku, aat dalam kitab suci,
endorsement tokoh, dll. Contoh-contoh Quotation Headline:
• “Produknya Lezat, Anda Harus Cobain….!”
• “Semua Bussiness Owner Harus Mengukuti Training Ini……..”
• “Kalo Ingin Membangun Tim Penjualan Yang Loyal Beli Aja buku DOM….”
.
9. COMMAND HEADLINE
Headline jenis ini menggunakan KALIMAT PERINTAH atau mengajak orang untuk
melakukan sesuatu.
Contoh-contoh Command Headline:
• Buka Bersama Disini Yuk!
• Yuk Bisnis!
• Mari Sekolah!
• Ayo Sedekah!
• Stop Untuk Melakukan Hal-hal Tidak Berguna!
• Stop Rokok Sekarang Juga!
• Stop Pergaulan Bebas Remaja!
.
10. CLAIM HEADLINE
Pada penulisan Claim Headline ini Anda MENGAKU, MENGKLAIM, atau MENYATAKAN
SESUATU SECARA SEPIHAK, bisa juga untuk produk Anda dengan meresa paling atau
nomor satu misal terbaik, terkenal, paling keren, terpilih, tercepat, termudah, terfavorit,
terlaris, terbesar, dll.
Berikut Contoh Claim Headline:
• Motivator Terenerjik di Indonesia
• Trainer NLP Terbaik Di Indonesia
• Buku Paling Laris Sepanjang Masa
• Makanan Paling Enak Di Dunia
• Makanan Paling Mahal Di Dunia
• Hotel Termewah Di Indonesia
• Minuman Paling Segar Di Indonesia
• Pelari Tercepat Di Dunia
• Candi Terbesar Di Dunia
• Seminar Terdahyat Di Awal Tahun 2016
.
11. EASER HEADLINE
Headline ini berfungsi untuk MENANTANG pembaca untuk membuktikan kemampuan
mereka, seolah – olah terkesan seperti meremehkan kemampuan pembaca.
Contoh-contoh Teaser Headline:
• Buktikan Kemampuan Anda Disini, Sekarang!
• Anda Tidak Akan Pernah Bisa Melampauinya!
• Uang Tak Akan Sanggup Menggantikan Itu Semua.
• Anda Pasti Akan Tergoda Dengan Penawarannya.
.
12. YOU & I HEADLINE
Headline jenis ini menggunakan kata “Saya” dan “Anda/Kamu” yang seolah-olah Anda
sedang BERBICARA LANGSUNG dengan pembaca. Cocok untuk personal yang punya
autority untuk membangun kedekatan dengan pembaca.
Contoh-contoh You & I Headline:
• Saya Akan Tunjukkan Kepada Anda Bagaimana Membuat Toko Online Semudah
Buka Tutup Botol.
• Saya Mengajak Anda Untuk Mengikuti UNDIAN GRATIS Motor, Mau?
• Saya Akan Bagikan Strategi Penjualan Yang Selama Ini Saya Rahasiakan Kepa Anda,
Mau?
• Apakah Anda mau Saya Tunjukkan Bagaimana Caranya Menurunkan Berat Badan
Hingga 15 Kg Dalam Waktu 1 Bulan Tanpa Diet?
Bagaimana apakah Anda sudah memahami ke 12 HEADLINE tersebut? Tugas Anda
selanjutnya adalah buat Headline dari produk Anda, jika kreatif Anda bisa membuat 12
Headline Sekaligus dalam satu produk. Siap?
Selamat Praktek